Thursday, March 25, 2010

Operasi Implan Payudara Bisa Hilangkan Sensasi di Daerah Puting

OkeZone.com - DENGAN berbagai alasan dan kepentingan, kini lebih banyak wanita memilih operasi implan payudara. Apa pun motivasi di balik keputusan operasi implan, penting bahwa semua wanita punya pemahaman yang lebih baik mengenai efek samping implan payudara.

Efek samping umumnya berkisar dari masalah menyusui hingga menanamkan kebocoran. Kalau saja Anda tahu apa yang sebenarnya terjadi selama operasi implan, Anda akan bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai apa sebenarnya yang harus dilakukan.

Mayoritas wanita yang telah menjalani implan payudara dapat menyusui bayi mereka berhasil. Tetapi angkanya sangat sedikit, yang banyak justru kenyataan sebaliknya. Operasi implan memberi dampak negatif bagi aktivitas ibu menyusui. Karenanya, sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter bedah plastik tentang rencana Anda menyusui anak sebelum prosedur operasi dijalani.

Kemungkinan risiko lain dari operasi implan payudara adalah menghalangi deteksi normal kanker payudara. Meski mamografi, X-ray, atau bahkan pemindaian USG dilakukan, implan tetap bisa menyembunyikan tumor atau lesi mencurigakan. Penting bagi para dokter untuk memberi perhatian khusus terhadap pemeriksaan payudara pada pasien operasi implan. Jika perlu, dianjurkan bagi Anda untuk mendiskusikan dengan ahli radiologi untuk memanfaatkan teknik-teknik pencitraan khusus, seperti Eklund displacement views (EH-klund dis-PLAYS-ment VYOOZ).

Sejumlah metode pencitraan membantu memaksimalkan ukuran jaringan payudara yang dianalisa. Dengan demikian, menjadi lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan tumor atau lesi.

Setelah operasi implan payudara dilakukan, beberapa wanita ditemukan mengalami hilangnya sensasi di daerah sekitar puting. Kehilangan sensasi ini terutama disebabkan oleh kerusakan yang mungkin terjadi pada ujung saraf yang mengelilingi daerah payudara dan puting payudara.

Dalam kebanyakan kasus, hilangnya sensasi sementara akibat proses perubahan sementara akan membaik secara alami seiring berlalunya waktu. Namun, beberapa pasien menderita kehilangan sensasi permanen sensasi setelah operasi implan. Komplikasi pada umumnya didasarkan pada modus pilihan operasi implan. Juga harus diingat bahwa tidak ada implan yang akan bertahan selamanya.

No comments:

Post a Comment