Monday, March 29, 2010

Ada "Ringtone" yang Bikin Langsing

Reputasi Jepang sebagai negara terdepan dalam teknologi telepon selular tampaknya tak terbantahkan. Dalam lima tahun terakhir, mereka telah memanfaatkan handset untuk memilih saluran TV atau alat pembayaran dengan menempelkan layar ponsel ke pemindai. Kini, kegemaran mereka pada ponsel dimanfaatkan sebagai alat terapi penyakit.

Untuk menyembuhkan demam akibat alergi jerami yang pada musim semi ini menyebar luas, para insinyur di Jepang menciptakan terapi penyembuhan alergi dengan menggunakan ringtone (nada dering) ponsel. Cukup mendengarkan ringtone dan mendekatkannya ke hidung, suara ringtone khusus ini diyakini akan mengeluarkan serbuk sari pemicu alergi.

Pemanfaatan ringtone tidak berhenti sampai di situ saja. The Japan Ringing Tone Laboratory yang dipimpin oleh Matsumi Suzuki, pakar teknologi identifikasi suara, memperkenalkan terapi nada dering untuk mereka yang ingin menguruskan badan.

Matsumi Suzuki merupakan orang di balik alat Bow-lingual, yakni alat untuk mengartikan suara gonggongan anjing sehingga si pemilik mengerti maksud "ucapan" hewan kesayangannya itu.

Kendati efektivitas dari terapi ringtone ini masih diragukan, kini layanan terapi canggih ini sangat populer di Jepang. So, kita tunggu saja kapan teknologi ini sampai di Tanah Air!

KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment