Wednesday, March 24, 2010

Memulai Kebiasaan Baik agar Tubuh Sehat

KOMPAS.com — Masih mencari cara untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit Anda? Pakar kesehatan kulit dari RealAge, Dr Amy Wechsler, MD, memberikan caranya dalam buku The Mind-Beauty Connection.

Latihan mengambil napas lebih dalam
Seimbangkan tubuh Anda dengan asupan oksigen dan karbon dioksida. Hirup lebih banyak oksigen untuk membuat tubuh lebih berenergi, tetapi perhatikan cara pernapasan yang baik. Atur pernapasan dengan baik dan perlahan, tarik napas dalam-dalam dua kali sehari. Efeknya, saat Anda fokus untuk melakukan pernapasan yang baik, Anda tidak akan fokus pada hal lain. Perubahan sikap mental ini membantu Anda mengurangi stres, membawa Anda pada alam bawah sadar di mana Anda bisa menempatkan masalah sesuai dengan perspektif dan tempatnya.

Bergerak lebih aktif
Membuat tubuh bergerak aktif selama 30 menit atau lebih akan mengalihkan pikiran dan kepanikan yang menekan diri Anda. Lakukan gerakan olahraga setiap harinya, sesering mungkin, karena dalam 24 jam tubuh Anda akan mengalami stres lagi. Jinakkan kembali stres pada tubuh dengan bergerak atau berolahraga. Tubuh yang dibiasakan beraktivitas meningkatkan sirkulasi nutrisi ke dalam sel tubuh dan kulit. Kapasitas paru-paru juga bertambah sehingga bisa menampung lebih banyak oksigen.

Kalahkan makanan "jahat"
Kurangi makanan yang menggiurkan, tetapi membahayakan bagi tubuh dan kulit, seperti gula dan makanan berlemak tinggi. Ganti dengan ikan, telur, unggas, makanan rendah lemak, dan kenari. Kontrol juga pola makan Anda dan kenali sejauh mana stres memancing Anda untuk terus makan. Lakukan kebiasaan ini setiap hari. Asupan protein bisa membantu Anda mengatasi mood, menambah tenaga, dan menjaga gula darah. Hasilnya, sejumlah hormon, termasuk insulin, terjaga dengan baik.

Fokus pada hal baik
Lakukan kebiasaan setiap hari dengan menuliskan daftar apa saja yang Anda syukuri. Atau tulis tiga hal yang berjalan baik dan jelaskan alasannya. Lakukan pada malam hari setelah menyelesaikan semua rutinitas harian. Jurnal harian ini mencatatkan hal baik yang Anda alami. Catatan ini membantu Anda untuk fokus pada kebaikan dan mampu mengerem pikiran negatif dalam kepala Anda.

Tambah waktu tidur
Atur waktu tidur Anda. Jika biasanya hanya tidur empat jam, tambahkan lagi setiap harinya agar ketika bangun Anda merasa lebih segar dan produktif. Tidur adalah obat kecantikan gratis, alami, dan sederhana. Tidak ada cara ampuh lainnya untuk membuat tubuh lebih sehat dan melepaskan stres serta kepenatan selain dengan pola tidur yang tepat.

Cari waktu untuk diri sendiri
Pekerjaan membuat Anda sibuk dan menghabiskan waktu dengan cepat. Selalu ada waktu untuk rapat, rencana, atau apa pun yang jadwalnya padat. Namun, mengapa tak pernah ada waktu untuk diri sendiri tanpa berbuat apa pun kecuali mengistirahatkan tubuh dan pikiran? Sederhana saja caranya, cari tempat yang sepi dan menenangkan dan berdiam diri selama 10 hingga 15 menit setiap harinya. Hentikan sementara hiruk pikuk keadaan dan tenangkan diri sesaat. Cara ini bisa membantu Anda mengenali diri dan menjadikan Anda lebih segar dalam memberikan solusi, mencari ide baru. Karena otak, fisik, dan seluruh tubuh Anda punya waktu untuk istirahat sejenak.

Bermesraan dan melakukan hubungan seks
Ciptakan ruang untuk intimasi setidaknya seminggu sekali. Sentuhan fisik terjadi dalam hubungan seks, tiga hormon pembangkit gairah mengalir ke otak, seperti hormon endorfin (memberikan efek kenikmatan), prolaktin (memberikan sensasi menenangkan), oksitosin (menimbulkan perasaan afeksi dan mendorong sikap saling menyayangi).

No comments:

Post a Comment