Sunday, March 21, 2010

Tips Sehat untuk Perokok



berikut langkah-langkah yang bisa bantu kamu berhenti ngerokok plus, kamu dapat hadiah apa jika bisa kuat berhenti merokok dalam jangka waktu yang lama. Makin lama hadiahnya makin besar lho!
Minum Banyak air: Meminum air putih akan membantu mengeluarkan nikotin dan bahan kimia lainnya dari tubuh lebih cepat. Gunakan sedotan untuk memenuhi keinginan merokok.
Bernafas Dalam-dalam: Kebanyakan orang tidak memaksimalkan kemampuan paru-paru mereka. Hiruplah nafas dalam-dalam 10 kali, hembuskanlah perlahan-lahan dan matikan api dari ‘lighter’ Anda. ‘Take a deep breath’ jangan lakukan ‘cigarette break’
Tunda: Tundalah menyalakan rokok pertama Anda selama 1 jam setiap hari. Saat keinginan untuk merokok muncul kembali, tundalah selama setengah jam. Anda berkuasa penuh saat Anda mengatakan TIDAK.
Lakukan sesuatu yang berbeda Janganlah langsung merokok saat pertama kali merasakan keinginan untuk merokok. Tunggulah beberapa menit dan lakukanlah aktivitas yang berbeda. Ubahlah kebiasaan Anda!
Nah, ini hadiah buat kamu yang udah sukses berhenti merokok. Hadiah langsung tanpa diundi. Ingat, sehat itu mahal lho .
20 menit Tekanan darah dan denyut nadi kembali normal
8 jam Kandungan Nikotin dan karbon monoksida dalam darah turun setengahnya. Kandungan oksigen kembali normal
24 jam Kandungan karbon monoksida akan hilang. Paru-paru mulai membersihkan lendir dan zat-zat lain yang disebabkan oleh rokok.
48 jam Tidak ada lagi nikotin yang tersisa di dalam tubuh anda. Kemampuan penciuman dan merasakan meningkat.
72 jam Pernafasan menjadi lebih baik, saluran ke arah paru-paru mulai bekerja pada level normal dan level energi tubuh meningkat.
2 - 12 minggu Sirkulasi darah semakin baik
9 bulan Masalah pernafasan (batuk-batuk, nafas terengah-engah) dapat diatasi karena fungsi paru-paru meningkat 10 %.
1 tahun Risiko serangan jantung berkurang setengah dari orang yang merokok.
10 tahun Risiko kanker paru-paru berkurang setengah orang yang merokok.
15 tahun Risiko serangan jantung berkurang menjadi sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok.
(detikmagz) (fta/yla)
demikian artikel ttg merokok dari detik.com tersebut. saya sebagai perokok merasa bertanggung jawab untuk menyebarluaskan artikel ini. semoga artikel ini mampu membantu anda mengatur kebiasaan merokok anda, dan mungkin bisa memotivasi anda untuk berhenti merokok

No comments:

Post a Comment