Tuesday, March 23, 2010

Sejumlah Penyakit Zoonosis Jadi Prioritas

KOMPAS.com - Penyakit bersumber binatang yang dapat ditularkan ke manusia (zoonosis) masih menjadi ancaman sehingga dirasakan perlu adanya Komisi Nasional Zoonosis. Sejumlah zoonosis akan menjadi prioritas komisi tersebut ke depan.
Diwartakan sebelumnya, pemerintah sepakat membentuk Komisi Nasional Zoonosis. Komisi tersebut melanjutkan dan memperluas kerja Komite Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI) yang selesai masa tugasnya 13 Maret 2010. Kesepakatan itu dihasilkan dalam Rapat Koordinasi Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat, Selasa (23/3/2010)
Wakil Menteri Pertanian sekaligus mantan Ketua Pelaksana Harian Komnas FBPI Bayu Krisnamurthi mengatakan, ada beberapa agenda prioritas penanganan penyakit bersumber hewan yakni flu burung, antraks, rabies, dan pes. "Penyakit-penyakit itu yang paling menonjol. Kita perlu bersiap," ujarnya.   
Pencegahan utama ialah dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penyakit zoonosis dan pengendalian penyakit sedari dini. Wabah penyakit biasanya mulai dari kasus kecil baru berkembang. "Jika dapat dikendalikan, tidak berkembang menjadi wabah. Perlu respon cepat dan komnas zoonosis yang bersifat lintas sektoral dapat berperan besar," ujarnya.

No comments:

Post a Comment