Saturday, March 27, 2010

Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Kabar dari alat tes kehamilan menyatakan Anda positif hamil? Wah, selamat! Kini, langkah selanjutnya yang perlu Anda jalankan adalah memilih dokter kandungan yang tepat. Hal ini menjadi penting karena kepada dialah Anda mendapatkan informasi dan memercayakan kesehatan kandungan Anda dan langkah-langkah yang menyangkut kehamilan dan persalinan Anda. Pastikan Anda sudah merasa nyaman dan mengetahui kualifikasi dokter kandungan Anda. Berikut adalah beberapa petunjuk mengenai pemilihan dokter kandungan yang tepat bagi Anda dari Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan karangan dr Suririnah:

1. Pilih dokter kandungan atau bidan
Mau pilih dokter kandungan atau bidan? Bidan memiliki pengetahuan mengenai kehamilan yang bisa membantu menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bidan juga bisa membantu persalinan normal. Namun, jika ditengarai ada komplikasi, ia akan merujuk ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

2. Memperbanyak pengetahuan
Makin banyak pengetahuan yang Anda miliki, makin siap Anda menghadapi kehamilan. Jangan malu untuk bertanya untuk menggali informasi lebih banyak. Jangan malas atau malu bertanya kepada sanak keluarga, kerabat, teman, atau siapa pun yang baru-baru ini baru menjalani persalinan. Semakin banyak Anda bertanya, makin memudahkan Anda memilih dokter yang akan dipilih.

3. Dokter pria atau wanita?
Dokter kandungan, sudah sewajarnya memeriksa bagian seputar perut dan organ intim Anda. Amat penting untuk Anda menentukan, mana yang lebih nyaman, dokter kandungan pria atau wanita. Jika Anda merasa lebih nyaman dengan dokter kandungan wanita, segeralah mencari informasi di mana ada rumah sakit yang dokter kandungannya adalah wanita. Pada dasarnya, dokter kandungan pria dan  wanita sama-sama sudah berbekal pengetahuan ilmu kebidanan.

4. Jarak
Perhatikanlah jarak dari rumah ke tempat praktik dokter atau bidan Anda. Semakin jauh, semakin sulit akses Anda ke sana jika ada hal-hal darurat atau ketika ada keperluan mendesak dengan dokternya.

5. Biaya
Biaya juga memiliki bobot penilaian yang cukup penting. Carilah informasi biaya pemeriksaan, konsultasi, dan persalinan di tempat praktik si dokter dan bidan tersebut. Informasi ini penting untuk Anda melakukan perhitungan dana yang harus disiapkan agar tidak menjadi beban pikiran ke depannya.

6. Buat perjanjian dan beri penilaian
Dokter atau bidan yang Anda pilih akan menemani Anda selama 9 bulan masa kehamilan Anda. Karenanya, penting untuk Anda merasa nyaman dengannya. Tentukan pilihan Anda, lalu pilih beberapa dokter kandungan atau bidan dari daftar informasi Anda, kemudian buatlah perjanjian. Ajak dokter tersebut berdiskusi mengenai kehamilan dan persalinan. Buat penilaian dari jawaban-jawaban yang ia berikan. Apakah Anda merasa nyaman dengan caranya menerangkan pengetahuan kepada Anda dan caranya menangani kehamilan? Bila dokter atau bidan tersebut kurang menyenangkan untuk diajak berdiskusi mengenai kehamilan Anda, tak mau menjawab pertanyaan Anda dengan terbuka, maka sebaiknya Anda membuat perjanjian dengan dokter lain. Meski artinya Anda akan mengeluarkan biaya tambahan, namun ini adalah langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kehamilan Anda dan si bayi, serta kenyamanan Anda menjalaninya. Jangan lupa untuk mencari masukan lain dari orang-orang terdekat Anda.
KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment