Tuesday, March 23, 2010

Lewat Mata, Narkoba Pun Terdeteksi

KOMPAS.com — Selain bisa mendeteksi penyakit, mata juga bisa menunjukkan seseorang tengah berada dalam pengaruh narkotika dan obat-obatan berbahaya atau narkoba.
Dokter Marganda, ahli kesehatan dari Rumah Sakit Omni International Alam Sutera, Tangerang, mengatakan, perubahan pada mata ini sangat tergantung dari jenis narkotika yang dikonsumsi. Contohnya, jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi ganja, biasanya pupil matanya akan mengecil apabila terkena cahaya. "Karena ganja jenis narkotika yang memiliki efek depresi," ujarnya.
Akan tetapi, ada juga obat-obatan terlarang yang mempunyai efek kebalikannya, seperti ekstasi. Mengonsumsi ekstasi akan membuat pupil mata membesar. Sebab, narkotika jenis ini memberikan dampak senang yang berlebihan dan juga aktif. Dengan begitu, pupilnya akan membesar jika disorot cahaya.
Selain itu, mengonsumsi ekstasi juga membuat seseorang menjadi tidak terlalu memerhatikan lingkungan sekitarnya. Sebab, pengaruh ekstasi membuatnya terlalu asyik dengan dunianya sendiri.  (Kontan/Raymond Reynaldi)

No comments:

Post a Comment