Tuesday, March 23, 2010

Flu Meningkatkan Risiko Bayi Skizofrenia

KOMPAS.com - Flu tampaknya memang menjadi penyakit musiman, yang bagi sebagian orang mudah dicegah dan diatasi. Meskipun demikian, hati-hati bila Anda terjangkit flu saat sedang hamil. Penelitian terbaru menemukan bahwa ibu hamil yang terkena flu bisa meningkatkan peluang melahirkan anak yang mengalami skizofrenia.
Skizofrenia adalah suatu kondisi kesehatan mental yang kronis, yang menyebabkan beberapa gejala psikologis yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah berhalusinasi, seperti mendengar atau melihat hal-hal yang tidak ada. Bisa juga mengalami delusi, mempercayai hal-hal yang tidak nyata.

Para peneliti mengamati hubungan antara flu dan skizofrenia dengan melakukan uji laboratorium pada monyet. Monyet yang sedang hamil ditularkan dengan flu, lalu bayi-bayi monyet itu menjalani scanning MRI ketika usianya satu tahun. Hasilnya menunjukkan tanda-tanda skizofrenia.
Pemimpin studi ini, Dr Sarah Short dari University of Wisconsin, mengatakan perlunya kewaspadaan ibu hamil demi kesehatan bayi yang di dalam kandungan. "Ibu hamil seharusnya mendapatkan suntikan (anti) flu sebelum mereka mulai sakit. Ini sebenarnya infeksi flu yang relatif ringan, tapi mempunyai efek yang signifikan terhadap otak bayi."
Normalnya, lanjut Short, risiko tersebut mempengaruhi sekitar satu dari setiap 100 kelahiran. Sedangkan berdasarkan tudi yang dilakukan terhadap manusia, terlihat bahwa risiko bayi yang terkena skizofrenia akibat terekspos flu menjadi dua atau tiga dari 100 kelahiran.

Studi yang dipublikasikan secara online oleh jurnal Biological Psychiatry ini merupakan studi pertama mengenai subjek ini.

No comments:

Post a Comment