Tuesday, March 23, 2010

Apakah Saya Hamil?

Kompas.com — Meski sudah telat haid satu minggu, masih banyak perempuan yang tak yakin dirinya hamil, apalagi jika ia belum pernah hamil sebelumnya. Memang tidak mudah mengetahui apakah Anda benar-benar hamil atau tidak. Meski begitu, ada tanda-tanda umum kehamilan yang bisa membantu Anda memastikan kehamilan.

Apabila yang Anda alami tidak termasuk salah satu yang disebutkan di bawah ini, tak perlu khawatir. Cermati kembali beberapa hari yang akan datang. Mungkin saja, kecurigaan Anda masih terlalu dini dan tanda-tanda ini baru muncul setelah beberapa hari kemudian.

1. Hasil "test pack" positif
Apabila hasil test pack menunjukkan tanda positif, hampir dipastikan Anda memang hamil. Namun, jika hasilnya negatif, tetapi haid terlambat datang, berlakulah seperti layaknya sedang hamil. Terutama jika ada perubahan rasa pada tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, tak ada salahnya mengulangi tes lagi keesokan harinya.

2. Ada flek atau bercak darah
Setelah terlambat haid beberapa hari dari jadwal, dan timbul bercak darah atau flek, besar kemungkinan Anda hamil. Pada saat hasil pembuahan menempel pada dinding rahim (implantasi), biasanya calon ibu akan mendapati ini. Namun, tak semua ibu hamil mengalami ini pada masa awal kehamilan.

3. Perubahan di payudara
Biasanya areola (area sekitar puting payudara) melebar dan warnanya menjadi gelap. Terkadang payudara terasa bengkak, mirip seperti yang dirasakan menjelang haid.

4. Mual dan muntah
Perubahan hormonal membuat calon ibu mengalami gejala mual, bahkan muntah. Tanda ini lazim disebut morning sickness.
5. Rasa kantuk atau lelah yang luar biasa
Perubahan hormonal, pola makan, juga perkembangan embrio, membuat calon ibu merasa mengantuk atau lelah sekali. Anda harus cukup istirahat.

6. Pola makan berubah
Hanya ingin mengemil atau makan 1-2 jenis makanan saja. Kondisi ini sering disebut dengan ngidam.
7. "Mood" atau emosi yang tidak stabil
Kondisi ini juga disebabkan oleh perubahan hormon.

8. Sering buang air kecil
Hal ini terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah ketika hamil dan tekanan pada saluran kemih akibat membesarnya uterus.

Oleh karena ini adalah tanda-tanda umum kehamilan, setiap individu bisa saja mendapatkan ciri kehamilan secara berbeda. Ada yang mulai mendapatkan gejala umum kehamilan seminggu setelah pembuahan terjadi. Ada juga yang baru mengalaminya setelah 10-14 hari.

Narasumber: dr Achmad Mediana, Sp.OG, dari RS Kemang Medical Care

No comments:

Post a Comment